Selasa, 16 Juni 2015

KU INGIN BELAJAR BAHASA INGGRIS APA ADANYA, BUKAN KARENA ADA APANYA




Rasanya sudah muak sekali belajar Bahasa Inggris sejak dari SD, SMP, SMA dan juga di bangku kuliah. Bahasa Inggris menjadi sangat membosankan ketika materi yang diajarkan tidak kita paham-pahami. Rasanya mau nyerah kalau udah rajin belajar tapi nilainya gak kunjung bagus-bagus. Inginnya mau kabur dari ruangan kalau kita ngomong pake bahasa Inggris terus grammarnya salah, apalagi pronuniationnya gak bener terus diingetin di depan publik kan jadinya malu banget di ruangan kelas jadi gak PD deh. hahaha ini aku banget deh plus ketambahan udah belajar lama e ternyata tes bahasa Inggris berkali-kali hasilnya sangat jauh dari kata Excellent, bikin tambah sebel wal kesel dan jengkel deh pokoknya, hehehe jangan ditiru ya ini.

Aku belajar Bahasa Inggrisnya senengnya kalau dapat nilai bagus doang dan akhirnya tambah rajin, tapi kalau ada nilainya yang jelek hatiku langsung hancur berkeping-keping dan langsung tutor yang ngasih nilai jelek aku langsung kutinggalkan cari tutor yang lain. Aku gak mau belajar lagi sama tutornya itu, hahaha ini belajar bukan ingin pintar namanya tapi ingin nyari nilai doang dan predikat pandai doang. Sa’adah, sa’adah lho jauh-jauh ke Pare Cuma ingin itu doang, ngapain lho buang-buang waktu dan duit lho kalau kelakukan kamu kayak gitu??? hahaha (ngomong sendiri). Mungkin ini kali ya salah satu penyebab kenapa nilai skor tes bahasa Inggrisku gak pernah bagus dan selalu jelek, mungkin karena selalu kabur dari kelas dan gak suka sama tutornya, sehingga efek sampingnya gak mau nyelesekan program-program yang telah diambil.

Pernah suatu ketika, aku ditunjuk sebagai ketua jarkom sama tutor faforitku untuk dua kelas karena tingkat kerajinananku  dan keramahanku pada temen-temen yang lain, hehehe ini jujur dan realita, tapi karena nilaiku jelek waktu ujian dan disuruh ngulang program dasar lagi, aku langsung ngambek dan gak mau lagi belajar sama beliau dan aku juga gak ngurus temen-temenku yang lain dan sekarang endingnya AKU MENYESAL, hahaha ini kelas terparah yang pernah kutinggalkan, padahal ini kelas yang lumayan ngabisin dana banyak dan beneran deh kelas terlangka dan kelas yang paling susah bisa mendapatkan kepercayaan dari tutor super langka juga. Benar-benar sa’adah payah ninggalin tutor faforit hanya karena nilai ujiannya jelek. Harus banyak istighfar dan kapan-kapan wajib nyambung silaturahmi lagi dengan tutor yang telah ditinggalkan dan memohon maaf yang setulus hati deh biar belajar Bahasa Inggrisnya bermanfaat dan diperlancar urusannya ya sa’adah!!!

Ni ada cerita yang lainnya juga, tepatnya cerita di lembaga kursusan tempat kerjaku yang lama. Di kursusan tersebut direkturnya memberikan fasilitas belajar Bahasa Inggris sebebasnya, e ternyata waktu aku izin buat gabung di kelasnya tutor yang baru datang di Pare dan kebetulan tutornya mempunyai kwalitas mengajar yang super keren dan juga tutor tersebut adalah tutor seniornya di lembaga kursusanku dan pionernya pembuat materi-materi kursusan, so pasti aku tergiur buat belajar sama beliau dan apakah anda tau jawabannya apa??? AKU DITOLAK SEKETIKA DAN AKU LANGSUNG NGAMBEK, hahaha gak dewasa banget deh pokoknya. Aku langsung ngmbek gak mau kerja dan berada di kursusan tersebut lama-lama. Aku langsung ambil program di luar jadwal full dari jam 05.30 sampai jam 8.30 dan ambil program lagi sorenya dari jam 16.00-20.30 dan hanya mau kerja 7 jam kerja aja dan gak mau bercanda dan gak mau banyak disuruh-suruh tutornya lagi. hahaha karena aku lagi ngambek berat sama tutor yang gak mau ngajarin aku, tapi apakah anda tau apakah program yang saya ambil itu masuk di otak??? JAWABANNYA TIDAk, hahaha kok bisa??? ya iya kan itu cuma pelampiasan aja biar gak terus bersedih karena gak bisa belajar sama tutor yang diinginkan.

Tapi sekarang baru sadar setelah gak satu menejemen lagi dengan tutor yang gak mau ngajarin itu. Ternyata jasa beliau sangat besar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisku. Tutor tersebut selalu gak mau ngajarin aku, tapi tutor tersebut hobinya selalu menyuruh-nyuruhku untuk ngurusin materi-materinya, ngeditin materi-materinya, ngoreksi soal-soal dan jawabannya dan masih banyak lagi deh. Ternyata beliau mendidikku dengan cara seperti itu dan itu kalau dipikir-pikir bikin pinter banget lho, aku jadi hafal materi-materinya beliau meskipun gak faham-faham banget, aku jadi agak teliti dikit waktu analisa soal Toefl meskipun masih banyak yang salah jawabanku, aku jadi sedikit mengetahui referensi-referensi buku yang dipakai untuk menyusun materi-materi Bahasa Inggris meskipun ku tak memiliki buku-buku beliau, aku jadi terbiasa belajar Bahasa Inggris meskipun belajarnya tidak seperti murid-murid yang lain yang hanya duduk diam manis mendengarkan di kursi belajarnya masing-masing. Ternyata belajarku Bahasa Inggris lebih menyenangkan dari pada teman-teman yang lainnya. Hmmmm baru sekarang aja ni sadarnya, kamana aja dari kemaren sa’adah???? hohoho menyesal kan sekarang????

Ya itu tadi cerita-ceritaku belajar Bahasa Inggris karena ada apa-apanya jadinya ilmunya mungkin gak berkah deh, hehehe kini saatnya belajar Bahasa Inggris dengan tulus ikhlas dan gak ngambekan lagi ya sa’adah biar belajarnya gak sia-sia dan kalaupun harus ngulang program dari dasar kenapa gak??? jalani saja ya sa’adah biar kamu juga pintar dan belajarlah dengan riang gembira maka nilai yang bagus akan membuntitimu nantinya. Ok sa’adah itu tadi nasehat dari sa’adah yang kondisi fikiran dan hatinya lagi jernih dan mudah-mudahan terus diberi kejernihan dalam berfikir dan bertindak ya sa’adah. ^_~

See you next time ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar