Rasanya sudah muak sekali belajar Bahasa Inggris sejak
dari SD, SMP, SMA dan juga di bangku kuliah. Bahasa Inggris menjadi sangat
membosankan ketika materi yang diajarkan tidak kita paham-pahami. Rasanya mau
nyerah kalau udah rajin belajar tapi nilainya gak kunjung bagus-bagus. Inginnya
mau kabur dari ruangan kalau kita ngomong pake bahasa Inggris terus grammarnya
salah, apalagi pronuniationnya gak bener terus diingetin di depan publik kan
jadinya malu banget di ruangan kelas jadi gak PD deh. hahaha ini aku banget deh
plus ketambahan udah belajar lama e ternyata tes bahasa Inggris berkali-kali
hasilnya sangat jauh dari kata Excellent, bikin tambah sebel wal kesel dan
jengkel deh pokoknya, hehehe jangan ditiru ya ini.
Aku belajar Bahasa Inggrisnya senengnya kalau
dapat nilai bagus doang dan akhirnya tambah rajin, tapi kalau ada nilainya yang
jelek hatiku langsung hancur berkeping-keping dan langsung tutor yang ngasih
nilai jelek aku langsung kutinggalkan cari tutor yang lain. Aku gak mau belajar
lagi sama tutornya itu, hahaha ini belajar bukan ingin pintar namanya tapi
ingin nyari nilai doang dan predikat pandai doang. Sa’adah, sa’adah lho
jauh-jauh ke Pare Cuma ingin itu doang, ngapain lho buang-buang waktu dan duit
lho kalau kelakukan kamu kayak gitu??? hahaha (ngomong sendiri). Mungkin ini
kali ya salah satu penyebab kenapa nilai skor tes bahasa Inggrisku gak pernah
bagus dan selalu jelek, mungkin karena selalu kabur dari kelas dan gak suka sama
tutornya, sehingga efek sampingnya gak mau nyelesekan program-program yang
telah diambil.
Pernah suatu ketika, aku ditunjuk sebagai ketua
jarkom sama tutor faforitku untuk dua kelas karena tingkat kerajinananku dan keramahanku pada temen-temen yang lain,
hehehe ini jujur dan realita, tapi karena nilaiku jelek waktu ujian dan disuruh
ngulang program dasar lagi, aku langsung ngambek dan gak mau lagi belajar sama
beliau dan aku juga gak ngurus temen-temenku yang lain dan sekarang endingnya
AKU MENYESAL, hahaha ini kelas terparah yang pernah kutinggalkan, padahal ini
kelas yang lumayan ngabisin dana banyak dan beneran deh kelas terlangka dan
kelas yang paling susah bisa mendapatkan kepercayaan dari tutor super langka
juga. Benar-benar sa’adah payah ninggalin tutor faforit hanya karena nilai
ujiannya jelek. Harus banyak istighfar dan kapan-kapan wajib nyambung
silaturahmi lagi dengan tutor yang telah ditinggalkan dan memohon maaf yang
setulus hati deh biar belajar Bahasa Inggrisnya bermanfaat dan diperlancar
urusannya ya sa’adah!!!
Ni ada cerita yang lainnya juga, tepatnya cerita
di lembaga kursusan tempat kerjaku yang lama. Di kursusan tersebut direkturnya
memberikan fasilitas belajar Bahasa Inggris sebebasnya, e ternyata waktu aku
izin buat gabung di kelasnya tutor yang baru datang di Pare dan kebetulan
tutornya mempunyai kwalitas mengajar yang super keren dan juga tutor tersebut
adalah tutor seniornya di lembaga kursusanku dan pionernya pembuat
materi-materi kursusan, so pasti aku tergiur buat belajar sama beliau dan
apakah anda tau jawabannya apa??? AKU DITOLAK SEKETIKA DAN AKU LANGSUNG NGAMBEK,
hahaha gak dewasa banget deh pokoknya. Aku langsung ngmbek gak mau kerja dan
berada di kursusan tersebut lama-lama. Aku langsung ambil program di luar jadwal
full dari jam 05.30 sampai jam 8.30 dan ambil program lagi sorenya dari jam
16.00-20.30 dan hanya mau kerja 7 jam kerja aja dan gak mau bercanda dan gak
mau banyak disuruh-suruh tutornya lagi. hahaha karena aku lagi ngambek berat
sama tutor yang gak mau ngajarin aku, tapi apakah anda tau apakah program yang
saya ambil itu masuk di otak??? JAWABANNYA TIDAk, hahaha kok bisa??? ya iya kan
itu cuma pelampiasan aja biar gak terus bersedih karena gak bisa belajar sama
tutor yang diinginkan.
Tapi sekarang baru sadar setelah gak satu menejemen
lagi dengan tutor yang gak mau ngajarin itu. Ternyata jasa beliau sangat besar
dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisku. Tutor tersebut selalu gak mau
ngajarin aku, tapi tutor tersebut hobinya selalu menyuruh-nyuruhku untuk
ngurusin materi-materinya, ngeditin materi-materinya, ngoreksi soal-soal dan
jawabannya dan masih banyak lagi deh. Ternyata beliau mendidikku dengan cara
seperti itu dan itu kalau dipikir-pikir bikin pinter banget lho, aku jadi hafal
materi-materinya beliau meskipun gak faham-faham banget, aku jadi agak teliti
dikit waktu analisa soal Toefl meskipun masih banyak yang salah jawabanku, aku
jadi sedikit mengetahui referensi-referensi buku yang dipakai untuk menyusun
materi-materi Bahasa Inggris meskipun ku tak memiliki buku-buku beliau, aku
jadi terbiasa belajar Bahasa Inggris meskipun belajarnya tidak seperti
murid-murid yang lain yang hanya duduk diam manis mendengarkan di kursi
belajarnya masing-masing. Ternyata belajarku Bahasa Inggris lebih menyenangkan
dari pada teman-teman yang lainnya. Hmmmm baru sekarang aja ni sadarnya, kamana
aja dari kemaren sa’adah???? hohoho menyesal kan sekarang????
Ya itu tadi cerita-ceritaku belajar Bahasa Inggris
karena ada apa-apanya jadinya ilmunya mungkin gak berkah deh, hehehe kini
saatnya belajar Bahasa Inggris dengan tulus ikhlas dan gak ngambekan lagi ya sa’adah
biar belajarnya gak sia-sia dan kalaupun harus ngulang program dari dasar
kenapa gak??? jalani saja ya sa’adah biar kamu juga pintar dan belajarlah
dengan riang gembira maka nilai yang bagus akan membuntitimu nantinya. Ok sa’adah
itu tadi nasehat dari sa’adah yang kondisi fikiran dan hatinya lagi jernih dan
mudah-mudahan terus diberi kejernihan dalam berfikir dan bertindak ya sa’adah. ^_~
See you next time ^_^

Tidak ada komentar:
Posting Komentar